Sabtu, 26 Januari 2008

Pengatar Psikologi Perilaku

Perilaku adalah tindakan/aksi yang mengubah hubungan antara organisme dan lingkungannya.

Perilaku dapat terjadi sebagai akibat stimulus dari luar. Reseptor diperlukan untuk mendeteksi stimulus, saraf diperlukan untuk mengkoordinasikan respon dan efektor untuk melaksanakan aksi.

Perilaku dapat pula terjadi sebagai stimulus dari dalam. Stimulus dari dalam, misalnya rasa lapar, memberikan motivasi akan aksi yang akan diambil bila makanan benar-benar terlihat atau tercium.

Umumnya perilaku suatu organisme merupakan akibat gabungan stimulus dari dalam dan dari luar.

Bentuk Perilaku:

  • Perilaku bawaan, dan
  • Perilaku terajar.

Perilaku bawaan

Taksis: Bereaksi terhadap stimulus dengan bergerak secara otomatis langsung mendekati atau menjauh dari atau pada sudut tertentu terhadapnya. Macam-macam taksis: kemotaksis, fototaksis, magnetotaksis.

Refleks: Respon bawaan paling sederhana yang dijumpai pada hewan yang mempunyai system saraf. Refleks adalah respon otomatis dari sebagian tubuh terhadap suatu stimulus. Respon terbawa sejak lahir, artinya sifatnya ditentukan oleh pola reseptor, saraf, dan efektor yang diwariskan.

Contoh: refleks rentangan

Mesin refleks rentang memberikan mekanisme pengendalian yang teratur dengan baik, yang:

  1. mengarahkan kontraksi refleks otot
  2. menghambat kontraksi otot-otot antagonis
  3. terus-menerus memonitor keberhasilan yang dengannya perintah-perintah dari otak diteruskan, dan dengan cepat dan secara otomatis membuat setiap penyesuaian sebagai pengganti yang perlu.

Naluri: Pola perilaku kompleks yang, sebagaimana refleks, merupakan bawaan, agak tidak fleksibel, dan mempunyai nilai bagi hewan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Naluri lebih rumit dibandingkan dengan refleks dan dapat melibatkan serangkai aksi.

Pelepas Perilaku Naluriah: sekali tubuh siap di bagian dalam untuk tipe perilaku naluriah tertentu, maka diperlukan stimulus luar untuk mengawali respon. Isyarat yang memicu aksi naluriah disebut pelepas (release). Begitu respon tertentu dilepaskan, biasanya langsung selesai walaupun stimulus efektif segera ditiadakan.

Isyarat kimia, yaitu feromon, berfungsi sebagai pelepas penting pada serangga sosial.

Perilaku Ritme dan Jam Biologis: perilaku berulang-ulang pada interval tertentu yang dinyatakan sebagai ritme atau periode. Daur perilaku ritme dapat selama dua jam atau setahun.

Perilaku Terajar

Perilaku terajar adalah perilaku yang lebih kurang diperoleh atau dimodifikasi secara permanen sebagai akibat pengalaman individu.

Kebiasaan: hampir semua hewan mampu belajar untuk tidak bereaksi terhadap stimulus berulang yang telah dibuktikan tidak merugikan. Fenomena ini dikenal sebagai kebiasaan (habituasi) dan merupakan suatu contoh belajar sejati.

Keterpatrian/Tanggap Tiru Imprinting: Merupakan salah satu contoh belajar yang khusus dan nyata. Contoh: jika seekor anak angsa yang baru menetas dihadapkan pada sebuah benda yang dapat bergerak dan mengeluarkan bunyi yang dapat terdengar, hewan itu akan mengikutinya sebagaimana mereka mengikuti induknya, Waktu penghadapan cukup kritis, karena jika dilakukan beberapa hari setelah menetas, keterpatrian tidak terjadi. Keterpatrian ini dikenal berkat penelitian Konrad Lorenz.

Respon yang Diperlazimkan: merupakan perilaku terajar yang paling sederhana, yang pada dasarnya adalah respon sebagai hasil pengalaman, disebabkan oleh suatu stimulus yang berbeda dengan yang semula memicunya. Ivan Pavlov, fisiologiawan Rusia, dalam penelitiannya dengan anjing menemukan bahwa jika anjing diberi makanan pada mulutnya, ia akan mengeluarkan air liur yang mungkin merupakan refleks bawaan yang melibatkan kuncup rasa, neuron sensori, jaring-jaring neuron di otak, dan neuron motor yang menuju kelenjar ludah. Pavlov kemudian menemukan jika pada saat meletakkan makanan di mulut anjing ia membunyikan bel, anjing selanjutnya akan berliur setiap kali anjing tersebut mendengar bel. Hal ini merupakan respon yang diperlazimkan. Anjing telah belajar bereaksi terhadap stimulus pengganti, yaitu stimulus yang diperlazimkan.

Percobaan mengenai pelaziman telah banyak memberi keterangan tentang proses belajar pada manusia. Pelaziman terjadi paling cepat bila (1) stimulus yang bukan diperlazimkan dan stimulus yang diperlazimkan sering diberikan bersama-sama, (2) tidak ada pengalihan perhatian, dan (3) diberikan semacam hadiah/imbalan untuk penampilan/prestasi yang berhasil terhadap respon bersyarat tadi.

Pelaziman Instrumental: Prinsip pelaziman dapat dipakai untuk melatih hewan melakukan tugas yang bukan pembawaan lahir. Dalam hal ini, hewan ditempatkan pada suatu keadaan sehingga dapat bergerak bebas dan melakukan sejumlah kegiatan perilaku yang berlain-lainan. Peneliti dapat memilih untuk memberi imbalan hanya pada perilaku tertentu. Latihan ini dikenal sebagai pelaziman instrumental atau pelaziman operan (istilah kedua diberikan oleh psikolog B.F. Skinner yang terkenal karena dapat melatih merpati untuk bermain pingpong dan bermain piano mainan).

Motivasi: Diantara kebanyakan hewan, motivasi (terkadang disebut juga dorongan) dihubungkan dengan kebutuhan fisiknya. Seekor hewan yang haus akan mencari air dan yang merasa lapar akan mencari makanan. Kepuasan terhadap dorongan merupakan kekuatan motivasi dibalik perilaku hewan tersebut. Sebagian besar perilaku spontan hewan-hewan ini merupakan akibat usaha memelihara homeostasis. Banyak diantara dorongan ini bersumber dalam hipotalamus. Dalam semua kasus, hipotalamus mengawali respon yang berakibat penurunan dorongan tersebut, dan dapat pula menghambat beberapa di antara respon tadi bila titik kepuasan tercapai.

Pada manusia, sebagian besar perilaku terhadap keinginan memuaskan kebutuhan fisik, tidak selalu dapat diterangkan seperti keterangan di atas. Banyak kegiatan yang dilakukan kendatipun tidak ada imbalan atau hukuman luar yang didapatkan. Melakukan proses (kegiatan) itu sendiri sudah merupakan imbalan. Simpanse dan manusia juga kadang mau bekerja untuk tujuan yang belum tampak.

Konsep: Kebanyakan hewan memecahkan masalah dengan mencoba-coba. Selama ada motivasi yang memadai hewan akan mencoba setiap alternatif dan secara bertahap, melalui kegagalan dan keberhasilan yang berulang, belajar memecahkan masalahnya. Manusia umumnya tidak sekedar belajar dengan cara mencoba-coba. Bila dihadapkan pada suatu masalah, manusia mungkin melakukan satu atau dua usaha sembarang sebelum “berhasil” memecahkannya. Respon ini disebut wawasan.

Wawasan mencakup menanamkan hal-hal yang telah dikenal dengan cara-cara baru. Jadi merupakan tindakan kreatif sejati. Wawasan juga bergantung pada perkembangan konsep atau prinsip.

Pemecahan masalah dengan menggunakan konsep melibatkan suatu bentuk penalaran. Ada dua proses pemikiran berlainan namun berkaitan yang terlibat, yaitu penalaran induktif dan penalaran deduktif. Penalaran induktif berarti mempelajari prinsip umum dari pengalaman dengan situasi khusus dan jelas. Penalaran deduktif, menerapkan prinsip umum pada situasi khusus yang baru.

Bahasa: Semua manusia, bahkan dalam masyarakat yang paling primitif pun, memiliki bahasa yang sangat maju. Hal ini merupakan abstraksi yang kedua (konsep merupakan abstraksi juga).

Memori: Belajar bergantung kepada memori (ingatan). Jika organisme bermaksud memodifikasi perilakunya dari pengalaman, maka ia harus mampu mengingat-ingat apa pengalamannya itu. Sekali sesuatu dipelajari, maka memori diperlukan agar yang dipelajarinya itu tetap ada.

Ada dua teori dasar tentang memori. Yang pertama menyatakan bahwa memori merupakan proses dinamik. Menurut teori ini, sensasi menimbulkan impuls saraf, yang kemudian beredar untuk jangka waktu tak terbatas melalui jaring-jaring neuron dalam sistem saraf pusat. Hal ini memungkinkan karena jaring-jaring interneuron yang amat luas dalam serebrum manusia. Teori dinamik ini ditunjang oleh fakta yang menakjubkan bahwa belum pernah ditemukan daerah khusus dalam otak manusia untuk penyimpanan memori yang lama. Teori yang kedua mengatakan bahwa setiap sensasi yang diingat kembali mengakibatkan sedikit perubahan fisik yang permanen di dalam otak. Beberapa biologiwan mengemukakan bahwa memori mungkin disimpan dalam kode kimiawi di dalam otak. Beberapa memperhatikan RNA, beberapa memperhatikan protein, sebagai substansi yang menyandikan memori. Masih terlalu dini untuk menyatakan apa sifat memori itu. Bisa jadi proses dinamik maupun perubahan fisika-kimia terlibat didalamnya.

Perolehan memori terjadi paling sedikit dalam dua langkah yang berbeda. Pada manusia, kerusakan pada lobus temporal dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan mengingat pengetahuan baru selama kira-kira satu jam lebih. Kerusakan seperti itu tidak berpengaruh pada memori yang diperoleh dalam tahun-tahun sebelum kerusakan terjadi. Penderita sakit jiwa yang menjalani pengobatan kejutan listrik tidak mengingat-ingat kejadian yang berlangsung sejenak sebelum perlakuan tersebut, tetapi memori tentang peristiwa sebelumnya tidak terhalang.

Arti Penting Perilaku Adaptif: Berbagai macam perilaku bergantung pada mesin perilaku: reseptor indera, sirkit dalam sistem saraf, dan organisasi otot.

Hewan dihadapkan pada empat bentuk perintah yang menopang hidupnya, yaitu: (1) makan, (2) mencegah jangan sampai dimakan, (3) mampu bertahan hidup dalam kondisi fisik lingkungannya, dan (4) meneruskan gen-gennya kepada generasi berikutnya.

1) Perilaku Makan: Hewan beragam dalam keluasan cita rasanya. Dari yang sangat khusus hingga ke pemakan umum yang dapat memilih di antara sekumpulan spesies yang dapat dimakan. Tujuan makanan ialah energi, tetapi energi diperlukan untuk mencari makanan. Jadi hewan berperilaku sedemikian rupa untuk memaksimumkan perbandingan kerugian/keuntungan dari pencarian makanan itu. Kerugian energi dari mencari makanan diusahakan seminimum mungkin melalui perkembangan “citra mencari” untuk macam makanan yang, untuk sementara, menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk beberapa species, citra mencari itu mungkin bukan perwujudan makannya saja, melainkan tempatnya yang khusus. Banyak pula hewan yang menggunakan energinya untuk membangun perangkap, daya tarik dan sejenisnya untuk menarik mangsanya agar berada dalam jangkauannya. Sebagian besar kehidupan hewan sosial berkisar pada makan bersama.

2) Perilaku Mempertahankan diri: Perilaku berkisar dari melarikan diri dari pemangsa potensial sampai dengan menggunakan senjata bertahan dan penggunaan kamuflase dan mimikri (meniru).

3) Bertahan Hidup dalam Lingkungan Fisik: Kebanyakan hewan hanya dapat bertahan hidup dalam kisaran suhu, salinitas, kelembaban tertentu, dan sebagainya. Kisaran ini relatif luas bagi hewan, seperti mamalia dan burung, yang banyak mempunyai mekanisme yang efisien untuk mempertahankan kendali homeostatis terhadap lingkungannya.

4) Perilaku Reproduktif:

O2 XDA II mini - Paket Minimal, Feature Maksimal

XDA II Mini tidak lebih besar danjuga tidak lebih berat. Ini berarti PDA Phone tersebut dapat masuk ke zdalam saku kemeja Anda tanpa masalah. XDA II Mini menggunakan Intel PXA272 dengan kecepatan 416 MHz dan didukung oleh baterai 1200 mAH. PDA Phone ini bertahan di CHIP Test Center selama satu hari penuh dengan penggunaan fungsi ponsel dan PDA secara bersamaan. Waktu tersebut hampir sama dengan yang dihasilkan oleh XDA IIs, yang memiliki baterai sebesar 1500 mAH.

Dalam pengujian multimedia, XDA II Mini sangatlah menonjol dibandingkan dengan PDA Phone lainnya. Suara dari speaker internal yang keras dan jernih membuat setiap percakapan dan bermain game atau mendengarkan musik menjadi lebih menarik.

Di antara PDA Phone yang ada, XDA II Mini telah membawa perubahan yang cukup fundamental. Sebagai standar, XDA II Mini ini memiliki aplikasi Intellidialer dan Intellipad yang akan membantu Anda dalam mengoperasikan PDA Phone ini dengan lebih mudah. Intellidialer adalah aplikasi serupa yang dapat ditemui pada ponsel dengan OS Windows Mobile for Smartphone. Aplikasi ini mengizinkan Anda mencari contact number seperti layaknya menulis SMS dengan T9. Sementara itu, Intellipad adalah aplikasi keyboard on screen dengan layout tombol seperti pada ponsel biasa. Dengan tampilan tombol yang besar, aplikasi ini memungkinkan Anda menulis SMS dengan satu tangan. Hal ini yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya olehPDA Phone pada umumnya.

XDA II Mini dilengkapi dengan kamera 1.3 Megapixel. Sayangnya, di bawah kondisi pencahayaan yang kurang terang, hasil yang didapatkan sangatlah buruk. Bluetooth versi 1.2 yang dibawa pun juga kurang dalam segi kinerja. Meskipun mendukung koneksi hingga 100 meter, driver Microsoft yang menjalankan koneksi wireless tersebut dinilai kurang. Walaupun fungsi Activesync dan Bluetooth headset berjalan baik, fungsi sederhana seperti mengirimkan file tidak dapat dilakukan.

Kesimpulan CHIP: Meskipun feature ekstra yang dibawa oleh PDA Phone ini tidak terlalu menawan hati, tetapi secara keseluruhan XDA II Mini merupakan PDA Phone pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan device pintar yang dapat meningkatkan produktifitas kerja, melakukan manajemen waktu dan memenuhi kebutuhan hiburan yang muat didalam saku kantung baju. Memori internal sebesar 64 MB memang tidak terlalu besar, namun beberapa penjual XDA II Mini menyertakan memori eksternal yang berkisar dari 128 Megabyte hingga 256 Megabyte dalam paket penjualannya sehingga hal ini bukanlah sebuah masalah.

Author: Michael Adhi

Source: CHIP 03/2005

Anda yang selama ini ingin memakai PDA-phone tetapi merasa ukurannya terlalu besar, yang satu ini bisa jadi akan memenuhi apa yang anda idam-idamkan ! Sebuah perangkat berkemampuan PDA-phone, tetapi dengan ukuran yang jauh dibawah rata-rata ukuran PDA-phone !! Tidak lama setelah me-release Xda IIs-nya, Kembali O2 mengeluarkan produk terbarunya : O2 Xda II mini !!

Namun, dengan ukurannya yang mini maka konsekuensi logis-nya adalah stylus-nya yang menjadi kecil, atau barangkali terlalu kecil. Dan juga, untuk produk yang satu ini O2 menghilangkan fitur Wi-Fi yang sebelumnya sudah dihadirkan pada Xda IIs-nya.

Berbeda dengan produk sebelumnya, Xda II mini ini dilengkapi dengan kamera ber-resolusi 1.3 megapixel dengan kemampuan video recording.

Spesifikasi :

General :

Form factor = Pad

Dimensions = 58 x 108 x 18.1 mm

Weight w/battery = 150 g

Processor mfr = Intel PXA272 Bulverde

Processor speed = 416MHz

Built-in wireless connectivity = Bluetooth, GPRS/GSM

Built-in camera? = Yes

Additional features = Windows Mobile 2003 Second Edition; speakerphone capable; 1.3-megapixel camera (supports still image and video capture); Triband

Memory :

ROM = 64 MB

RAM = 64 MB

RAM user-expandable? = No

Display :

Max resolution = 240 x 320 pixels

Monochrome or color = Color

No. of colors = 16 bit

Touch screen = Yes

Backlit display = Yes

Data Input :

Method = Pen

Interfaces :

Expansion slot = SD, MMC

Infrared = Yes

Audio :

Built-in speakers? = Yes

Built-in mic? = Yes

Desktop Connectivity :

Built-in OS connectivity = Windows

Desktop software included = Yes

Synchronization with desktop = USB 1.1

Cradle included? = No

Software :

Installed OS = Pocket PC

Power supply :

Battery type = Removable Lithium-ion 1,200mAh

Mfr-claimed battery life = 180 hours standby, 4-5 hours talktime

Batteries rechargeable? = Yes

AC adaptor included? = Yes

Warranty :

Base warranty = 1 year