Sabtu, 26 Januari 2008

O2 XDA II mini - Paket Minimal, Feature Maksimal

XDA II Mini tidak lebih besar danjuga tidak lebih berat. Ini berarti PDA Phone tersebut dapat masuk ke zdalam saku kemeja Anda tanpa masalah. XDA II Mini menggunakan Intel PXA272 dengan kecepatan 416 MHz dan didukung oleh baterai 1200 mAH. PDA Phone ini bertahan di CHIP Test Center selama satu hari penuh dengan penggunaan fungsi ponsel dan PDA secara bersamaan. Waktu tersebut hampir sama dengan yang dihasilkan oleh XDA IIs, yang memiliki baterai sebesar 1500 mAH.

Dalam pengujian multimedia, XDA II Mini sangatlah menonjol dibandingkan dengan PDA Phone lainnya. Suara dari speaker internal yang keras dan jernih membuat setiap percakapan dan bermain game atau mendengarkan musik menjadi lebih menarik.

Di antara PDA Phone yang ada, XDA II Mini telah membawa perubahan yang cukup fundamental. Sebagai standar, XDA II Mini ini memiliki aplikasi Intellidialer dan Intellipad yang akan membantu Anda dalam mengoperasikan PDA Phone ini dengan lebih mudah. Intellidialer adalah aplikasi serupa yang dapat ditemui pada ponsel dengan OS Windows Mobile for Smartphone. Aplikasi ini mengizinkan Anda mencari contact number seperti layaknya menulis SMS dengan T9. Sementara itu, Intellipad adalah aplikasi keyboard on screen dengan layout tombol seperti pada ponsel biasa. Dengan tampilan tombol yang besar, aplikasi ini memungkinkan Anda menulis SMS dengan satu tangan. Hal ini yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya olehPDA Phone pada umumnya.

XDA II Mini dilengkapi dengan kamera 1.3 Megapixel. Sayangnya, di bawah kondisi pencahayaan yang kurang terang, hasil yang didapatkan sangatlah buruk. Bluetooth versi 1.2 yang dibawa pun juga kurang dalam segi kinerja. Meskipun mendukung koneksi hingga 100 meter, driver Microsoft yang menjalankan koneksi wireless tersebut dinilai kurang. Walaupun fungsi Activesync dan Bluetooth headset berjalan baik, fungsi sederhana seperti mengirimkan file tidak dapat dilakukan.

Kesimpulan CHIP: Meskipun feature ekstra yang dibawa oleh PDA Phone ini tidak terlalu menawan hati, tetapi secara keseluruhan XDA II Mini merupakan PDA Phone pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan device pintar yang dapat meningkatkan produktifitas kerja, melakukan manajemen waktu dan memenuhi kebutuhan hiburan yang muat didalam saku kantung baju. Memori internal sebesar 64 MB memang tidak terlalu besar, namun beberapa penjual XDA II Mini menyertakan memori eksternal yang berkisar dari 128 Megabyte hingga 256 Megabyte dalam paket penjualannya sehingga hal ini bukanlah sebuah masalah.

Author: Michael Adhi

Source: CHIP 03/2005

Anda yang selama ini ingin memakai PDA-phone tetapi merasa ukurannya terlalu besar, yang satu ini bisa jadi akan memenuhi apa yang anda idam-idamkan ! Sebuah perangkat berkemampuan PDA-phone, tetapi dengan ukuran yang jauh dibawah rata-rata ukuran PDA-phone !! Tidak lama setelah me-release Xda IIs-nya, Kembali O2 mengeluarkan produk terbarunya : O2 Xda II mini !!

Namun, dengan ukurannya yang mini maka konsekuensi logis-nya adalah stylus-nya yang menjadi kecil, atau barangkali terlalu kecil. Dan juga, untuk produk yang satu ini O2 menghilangkan fitur Wi-Fi yang sebelumnya sudah dihadirkan pada Xda IIs-nya.

Berbeda dengan produk sebelumnya, Xda II mini ini dilengkapi dengan kamera ber-resolusi 1.3 megapixel dengan kemampuan video recording.

Spesifikasi :

General :

Form factor = Pad

Dimensions = 58 x 108 x 18.1 mm

Weight w/battery = 150 g

Processor mfr = Intel PXA272 Bulverde

Processor speed = 416MHz

Built-in wireless connectivity = Bluetooth, GPRS/GSM

Built-in camera? = Yes

Additional features = Windows Mobile 2003 Second Edition; speakerphone capable; 1.3-megapixel camera (supports still image and video capture); Triband

Memory :

ROM = 64 MB

RAM = 64 MB

RAM user-expandable? = No

Display :

Max resolution = 240 x 320 pixels

Monochrome or color = Color

No. of colors = 16 bit

Touch screen = Yes

Backlit display = Yes

Data Input :

Method = Pen

Interfaces :

Expansion slot = SD, MMC

Infrared = Yes

Audio :

Built-in speakers? = Yes

Built-in mic? = Yes

Desktop Connectivity :

Built-in OS connectivity = Windows

Desktop software included = Yes

Synchronization with desktop = USB 1.1

Cradle included? = No

Software :

Installed OS = Pocket PC

Power supply :

Battery type = Removable Lithium-ion 1,200mAh

Mfr-claimed battery life = 180 hours standby, 4-5 hours talktime

Batteries rechargeable? = Yes

AC adaptor included? = Yes

Warranty :

Base warranty = 1 year

Tidak ada komentar: